Langsung ke konten utama

Pengertian Tentang Proxy


Bila anda sering menggunakan internet tentunya pernah mendengar istilah Proxy. Apakah yang dimaksud dengan Proxy? Proxy merupakan aplikasi yang menghubungkan komputer client dengan web server atau dapat juga disebut sebagai “penghubung”.
Cara kerja Proxy ada 2 macam. Proxy memasukkan informasi kedalam cache sehingga apabila didalam jaringan yang terhubung dengan LAN terdapat client yang mengakses alamat URL website, secara bersamaan web browser  digunakan akan mengirim aktivitas tersebut keproxy server. Bila tidak tersedia, berikutnya proxy servertersebut akan mengirimkan request/akses secara langsung ke web server yang dituju sehingga akan membuat akses internet menjadi lebih cepat.
Pengertian-Tentang-Proxy
Para cara kerja kedua adalah seperti yang dijelaskan pada gambar diatas dimana Proxy adalah layanan yang disediakan dan diberikan oleh Proxy server. Sehingga proxy tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna. Pada cara kerja kedua ini akses ke server dapat ditentukan oleh firewall berdasarkan alamat IP. Firewall tersebut dapat memblokir ataupun menerima request dari komputer client yang mengakses website yang sedang dituju.

Apakah itu IP?

IP adalah alamat / identitas dalam dunia maya selayaknya alamat rumah dalam dunia nyata. IP diberikan oleh ISP (Internet Service Provider) hanya 1 buah untuk setiap alamat. Dengan demikian bukanlah hal yang sulit untuk melacak lokasi seseorang dari informasi IP yang digunakannya.
Oleh karena itulah banyak para pelaku hacker yang menyembunyikan IP asli mereka dengan menggunakan Proxy untuk menyamarkan keberadaan mereka. Dengan menggunakan proxy, seseorang dapat menyamarkan informasi asli dari pemilik IP. Sehingga dapat dijelaskan banwa proxy juga berfungsi untuk menyembunyikan informasi lokasi / identitas seseorang.
Sebagai contoh, seorang hacker ingin menyusup situs www.korban.com maka pelaku tersebut akan mengaksesnya melalui (misalkan) www.proxy.com sehingga informasi yang akan ditampilkan seolah-olah website www.korban.com dikunjungi oleh www.proxy.com.
Cara tersebut memang lebih lambat karena harus melalui beberapa tahapan sebelum akhirnya mencapai web server yang dituju.
Demikianlah Pengertian Tentang Proxy. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain. Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya. Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan. Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar: Port penghubung Microphone / HeadsetDriver & Settingan Mic…

PENJELASAN DARI SETIAP SUBBIDANG SKA (Sertifikat Keahlian)

Bagi Kawan-kawan Kontraktor yang baru mau buat SKA sebagai tenaga ahli ataupun sebagai persyaratan untuk pengurusan SBU, berikut sedikit penjelasan tentang penjabaran subbidang SKA tersebut:

1.Arsitektur ·Arsitek adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung, perkotaan dan lingkungan binaan, yang meliputi aspek astetika, budaya, dan sosial. ·Ahli desain interior adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang ruangan dalam bangunan dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu bangunan. ·Ahli lansekap adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang lansekap (pertamanan) dengan tujuan untuk menciptakan ruang pertamanan yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu pertamanan atau kawasan. ·Ahli Iluminasi adalah seorang ahli yang memilikikompetensi merancang tata cahaya, baik di luar bangunan maupun di dalam ruangan…

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini