Langsung ke konten utama

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara


 Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain.
Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya.

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan.
Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar:
  1. Port penghubung Microphone / Headset
  2. Driver & Settingan Microphone / Headset
  3. Settingan Volume Control

Port Penghubung Microphone / Headset

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan agar kabel penghubung headset terhubung pada port yang benar. Pada beberapa komputer terdapat port penghubung di depan dan belakang casing komputer. Beberapa diantaranya ada yang hanya mengaktifkan port belakang sementara port bagian depan tidak aktif.
Pastikan agar anda menghubungkan kabel microphone / headset pada port berwarna Pink.
Windows Tidak Mengeluarkan Suara
Panel pada bagian belakang casing
Mic Tidak Ada Suara
Panel Microphone dan Speaker pada notebook / laptop memiliki lambang ikon
Headset Tidak Ada Suara

Driver & Settingan Microphone / Headset

Setelah memastikan microphone terhubung pada port yang benar, pastikan agar driver audio pada komputer terinstal dengan benar. Ada baiknya jika anda menginstal ulang driver audio.
Klik Start > Control Panel > Sound and Audio Devices
Lalu ke Tab bagian Audio
Settingan Microphone
Kemudian pilih driver sound card yang terinstal pada komputer anda dibagian menu dropdown seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Setelah driver sound card dalam keadaan terpilih, klik Apply dan Ok
Settingan Microphone

Settingan Volume Control

Umumnya pada headset terdapat settingan volume untuk mengatur besar kecil suara. Namun hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali jika settingan volume control pada windows anda dalam keadaan OFF atau Low. Untuk men-setting volume pada windows dapat mengklik ikon speaker yang terdapat pada kanan bawah taskbar seperti gambar dibawah ini:
 Settingan Volume
Bila anda tidak menemukannya dapat diakses melalui Start > Control Panel > Sound and Audio Devices
Klik Options > Centang Enable Advanced Properties
Lalu kembali klik Options > Properties untuk membuka pengaturan tambahan
 Settingan Headset
Pada jendela Properties, Pastikan agar pilihan Playback dalam keadaan terpilih, lalu centang pilihanMicrophone pada list dibagian ‘Show the Following Volume Controls’. Klik Ok
Settingan Microphone
Sekarang beralih ke pilihan Recording
Centang pilihan Microphone pada bagian ‘Show the Following Volume Controls’. Klik Ok
Settingan Suara
Sekarang anda dapat menyesuaikan Microphone Control yang dapat diatur volumenya. Untuk Opsi tambahan bila anda masih merasa kurang puas dengan volume suara yang dirasa kurang, anda dapat mengklik tombol Advanceyang terdapat dibawahnya:
Settingan Microphone
Pada jendela berikutnya, beri tanda centang pada opsi 1 Mic Boost yang akan memperbesar volume microphone anda.
Settingan Headset
Demikianlah informasi mengenai Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara. Semoga bermanfaat :-)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN DARI SETIAP SUBBIDANG SKA (Sertifikat Keahlian)

Bagi Kawan-kawan Kontraktor yang baru mau buat SKA sebagai tenaga ahli ataupun sebagai persyaratan untuk pengurusan SBU, berikut sedikit penjelasan tentang penjabaran subbidang SKA tersebut:

1.Arsitektur ·Arsitek adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung, perkotaan dan lingkungan binaan, yang meliputi aspek astetika, budaya, dan sosial. ·Ahli desain interior adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang ruangan dalam bangunan dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu bangunan. ·Ahli lansekap adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang lansekap (pertamanan) dengan tujuan untuk menciptakan ruang pertamanan yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu pertamanan atau kawasan. ·Ahli Iluminasi adalah seorang ahli yang memilikikompetensi merancang tata cahaya, baik di luar bangunan maupun di dalam ruangan…

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini