Langsung ke konten utama

Tips Ampuh Cara Mereset Bios Motherboard

Pada tutorial sederhana kali ini saya akan bahas tentang troubleshooting komputer yang berjudul Tips Cara Ampuh Mereset Bios Pada Motherboard Komputer. Awal kejadian ini saya alami ketika dimana komputer tidak mau booting sama sekali bahkan komputer tidak mau bekerja dengan semestinya. sempat bingung, sempat mengira kerusakan pada hardisk bot sector, atau mungkin karena terinfeksi virus. saya mencoba menganalisa kejadian ini oprak sana- oprek sini hampir sejam, namun ternyata permasalahan diluar dugaan yang terjadi hanya meng-clear battery CMOS..!!. Mungkin sebagian orang yang belum tahu atau yang masih newbie dalam dunia IT seperti saya ini, langsung membawanya ke tempat tukang services, namun ternyata sangat mudah..! lumayan kan ongkos perbaikan ke tukang service bisa di tabung buat kawin...upss...hehee..(maklum ngebet pengen kawin).
Sebelumnya saya akan beritahu pengertian atau fungsi dari Battery Cmos yaitu : "CMOS RAM" merupakan  sebuah battery yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik.Di setiap motherboard, terdapat satu battery CMOS yang terpasang ditempatnya. Dengan ciri berbentuk bulat pipih sama seperti battery yang digunakan pada jam tangan. Adapun singkatan dari CMOS itu sendiri adalah “Complementary Metal Oxide Semiconductor”. 
Lihat gambar contoh dari CMOS.








Okee..langsung saja ikuti langkah-langkah, cara clear atau reset BIOS :

1. Dengan menggunakan jumper motherboard komputer anda.
Untuk semua pc desktop pasti ada yang namanya jumper cmos dan biasanya berdekatan dengan battery cmos, jumper cmos terdapat tiga pin dan jumper akan berhubungan antara pin yang ditengah dengan salah satu pin yang lain. Lepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya saat awal pin yang tengah berhubungan dengan pin sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang ditengah dan pin sebelah kanan. Setelah itu tunggu beberapa saat kemudian kembalikan lagi pada kondisi semula.
Contoh gambar Jumper CMOS :










2. Dengan melepas dan memasang kembali battery CMOS
Cara ini termasuk cara yang mudah, anda hanya melepas battery cmos selama 10 menit-an kemudian pasang kembali. fungsi dari melepas dan memasang kembali yaitu menjadikan settingan bios(reset bios) anda kembali seperti semula atau dengan kata lain default dari pabrik bawaan.

*note : Saat anda melakukan diantara dua cara diatas tersebut, Pastikan tidak terhubung ke sumber listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain. Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya. Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan. Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar: Port penghubung Microphone / HeadsetDriver & Settingan Mic…

PENJELASAN DARI SETIAP SUBBIDANG SKA (Sertifikat Keahlian)

Bagi Kawan-kawan Kontraktor yang baru mau buat SKA sebagai tenaga ahli ataupun sebagai persyaratan untuk pengurusan SBU, berikut sedikit penjelasan tentang penjabaran subbidang SKA tersebut:

1.Arsitektur ·Arsitek adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung, perkotaan dan lingkungan binaan, yang meliputi aspek astetika, budaya, dan sosial. ·Ahli desain interior adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang ruangan dalam bangunan dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu bangunan. ·Ahli lansekap adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang lansekap (pertamanan) dengan tujuan untuk menciptakan ruang pertamanan yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu pertamanan atau kawasan. ·Ahli Iluminasi adalah seorang ahli yang memilikikompetensi merancang tata cahaya, baik di luar bangunan maupun di dalam ruangan…

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini