Langsung ke konten utama

6 Kapal Layar Terbesar dan Termegah di Dunia

1. Pinisi

Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang bernama We Cudai. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.

2. Barque Sedov
Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov. Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.


3. Royal Clipper
Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.

4. Preussen
Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.


5. Juan Sebastian Elcano
Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand Magellan.

6. Thomas W. Lawson

Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain. Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya. Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan. Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar: Port penghubung Microphone / HeadsetDriver & Settingan Mic…

Siswi SMP ciuman didepan Gurunya

. Dunia Pendidikan Lagi2 Tercoreng, Siswi SMP Ciuman depan Guru
Entah apa yang terjadi, jika semua dilakukan tanpa etika dan Norma, Apalagi jika dilakukan oleh anak – anak / mereka yang nota bene adalah pelajar. Jika yang terpelajar saja tak enggan melakukan hal – hal asusila didepan sang guru, lalu apa yang ada dibenak mereka tentang gurunya. masih berlakukah kalimat bijak “Guru Kencing berdiri, Murid Kencing Berlari” sungguh ironis dan sangat menyedihkan nasib negeri ini selanjutnya.

Mau diapakan pendidikan di negeri ini. seolah – olah tak perlu lagi adanya etika di era yang konon dianggap modern, hingga semuanya menjadi normal – normal saja. Tak ada lagi batasan – batasan yang mampu mencegah nurani untuk sekedar menghambat nafsu birahi. Mungkin hanya kesenangan belaka yang didapat, namun apa akibat yang di timbulkan.

Semuanya seolah tak peduli lagi dengan etika, hancurnya negeri bukanlah karena kemiskinan dan ketidak adilan belaka, namun lebih berdampak mengerikan jika kehancuran …

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini