Langsung ke konten utama

Asal simbol Tukang Cukur

Bagi kalian yang laki-laki, dimanakah kalian memangkas rambutmu? Di salon? haha mungkin aja sih kalau kalian datangnya bareng teman perempuan.
Bagi kalian yang kerap memangkas rambut di tukang cukur, pernahkan kalian perhatikan di bagian depan kios/tempat usaha tukang cukur itu ada sesuatu yang khas? Ya.. kalau kalian cermat dan beruntung, kalian akan menemukan tiang dengan pola melingkar merah dan putih berselang seling.
Apakah maksudnya?

Symbol itu ternyata tidak berhubungan dengan semangat nasionalisme merah-putih negara kita, soalnya simbol itu juga dipasang oleh tukang-tukang cukur di seluruh dunia.

Wah.. kenapa bisa begitu ya? Apa kira-kira artinya ya??

Konon di sekitar abad ke -14, di Inggris sana, sedang trend cara pengobatan dengan metode mengeluarkan ”darah kotor” dari tubuh pasien (kalau di Indonesia baru-baru ini dikenal dengan istilah bekam– tanya deh ke orang tua atau kakek, nenek, om, tante, pakde kamu--). Persisnya adalah bahwa ”darah kotor” setelah dikeluarkan konon membuat pasien menjadi lebih segar dan sehat. Cara mengeluarkannya adalah dengan cara menyayat sedikit urat nadi di pelipis (atau di tempat lain) oleh pisau yang steril.

Di Inggris, keahlian menyayat ini dimiliki oleh para tukang cukur yang kebetulan juga memiliki pisau tajam sebagai salah satu perlengkapan mencukurnya.

Pekerjaan ”rangkap” ini lalu ditandai oleh para tukang cukur dengan memasang symbol tiang yang di cat merah dan putih, merah berarti darah dan putih berarti perban untuk membalut luka hasil sayatan.



Walaupuan saat ini pekerjaan tukang cukur adalah murni hanya sebagai tukang cukur (tidak sebagai ”ahli bedah”) namun simbol itu masih terus dipergunakan hingga kini. Bahkan dengan variasi demi alasan estetis seperti tiang berputar sehingga pola merah putih itu seolah naik turun, atau beberpa menambah aksen biru diantara warna merah dan putihnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain. Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya. Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan. Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar: Port penghubung Microphone / HeadsetDriver & Settingan Mic…

Siswi SMP ciuman didepan Gurunya

. Dunia Pendidikan Lagi2 Tercoreng, Siswi SMP Ciuman depan Guru
Entah apa yang terjadi, jika semua dilakukan tanpa etika dan Norma, Apalagi jika dilakukan oleh anak – anak / mereka yang nota bene adalah pelajar. Jika yang terpelajar saja tak enggan melakukan hal – hal asusila didepan sang guru, lalu apa yang ada dibenak mereka tentang gurunya. masih berlakukah kalimat bijak “Guru Kencing berdiri, Murid Kencing Berlari” sungguh ironis dan sangat menyedihkan nasib negeri ini selanjutnya.

Mau diapakan pendidikan di negeri ini. seolah – olah tak perlu lagi adanya etika di era yang konon dianggap modern, hingga semuanya menjadi normal – normal saja. Tak ada lagi batasan – batasan yang mampu mencegah nurani untuk sekedar menghambat nafsu birahi. Mungkin hanya kesenangan belaka yang didapat, namun apa akibat yang di timbulkan.

Semuanya seolah tak peduli lagi dengan etika, hancurnya negeri bukanlah karena kemiskinan dan ketidak adilan belaka, namun lebih berdampak mengerikan jika kehancuran …

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini