Langsung ke konten utama

Alasan Google mendirikan kantor nya di Malaysia bukan di Indonesia

Kabar buruk itu dari negeri jiran. Sekali lagi Indonesia kalah 1-0 oleh Malaysia. Ini bukan soal urusan tenaga kerja Indonesia. Bukan pula urusan sepak bola dan kecurangan penonton Malaysia dengan lasernya pada Piala AFF 2010. Tapi ini soal Google, yang memilih membangun kantor perwakilan Asia Tenggara di Kuala Lumpur. Bukan di Jakarta!
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQqw_2e75ytCIAWKFvmFZLNW2EJOVujiKcEgiUuAz72opGS0SP8KA
Kita tahu, Indonesia memang “compang-camping” dalam soal infrastruktur Internet dan tiada visi untuk memajukannya. Ribut-ribut soal pemblokiran BlackBerry adalah contohnya. Betapa pemerintah tak punya visi untuk memikat perusahaan-perusahaan teknologi dunia, seperti Research In Motion atau Microsoft. Tapi itu tak menghapus “prestasi” besar Indonesia. Inilah beberapa catatannya: Siapa yang membantah Indonesia adalah negeri Facebook dan Twitter terbesar, setelah Amerika Serikat? Dengan 31 juta pengguna Facebook dan 8 juta pengguna Twitter, Indonesia telah berkembang menjadi negeri yang sangat maju dalam soal sosial media.

Pengguna Internet Indonesia juga jauh lebih besar ketimbang Malaysia. Pengguna Internet Indonesia mencapai 40 juta orang. Malaysia cuma punya pengguna Internet 17 juta orang. Itu kata Julian Persaud, Managing Director Google Asia Tenggara.
“Malaysia adalah negara yang penting bila dilihat dari sisi digital-ekonomi dan populasi yang melek teknologi,” begitu alasan Sajith Sivanandan, Country Manager Google di Malaysia.

Rencananya, Google tahun ini akan merekrut 500 karyawan untuk wilayah Asia. Dari jumlah itu, 50 di antaranya akan berada di Asia Tenggara. Google mungkin silau oleh tingginya angka persentase pengguna Internet pita lebar (broadband) di Malaysia, yang mencapai 55,6 persen dari total populasi. Angka itu melewati target tahun lalu, yakni 50 persen dari total populasi. Padahal berapa jumlah penduduk Malaysia? Cuma 20 juta. Separuhnya cuma 10 juta orang. Itulah angka pengguna broadband mereka. Itu angka yang kecil dibanding Indonesia.

Saya menganggap Google telah salah pilih. Namun, sekeras apa pun saya meneriakkan soal ini, Google tetap berlalu. Mereka punya pertimbangan tersendiri. Malaysia juga dipilih karena, konon, negeri tetangga ini menguasai 70 persen pasar mesin pencari di Internet. “Angka itu akan terus meningkat pesat,” kata pejabat Google.

Sejumlah analis mencoba menduga-duga apa alasan Google memilih negeri kecil itu. Ada yang bilang, Google tak mau head-to-head dengan Yahoo!, yang telah menancapkan kantornya di Jakarta. Yahoo! juga telah mengakuisisi situs jejaring sosial Koprol dengan harga yang mengejutkan para startup lokal-ada yang menyebutkan harganya berkisar US$ 1,5-2,5 juta.

Di bisnis mobile, Google juga harus berjuang keras. BlackBerry sangat kuat pengaruhnya di bisnis ponsel pintar. Sulit bagi Google untuk mengembangkan pasar ponsel Androidnya. Selain BlackBerry, penguasa pasar mobile adalah Yahoo! dan Opera. Yahoo! menguasai kue mesin pencari Internet di ponsel. Adapun Opera menguasai pasar browser di ponsel. Tapi semua itu mestinya tak boleh menyurutkan langkah Google. Yahoo! kini sudah masuk di Indonesia dan Vietnam. Adapun Microsoft menguasai Thailand. Selalu ada celah di pasar.
 
Ane Turut Prihatin Gan,Semoga Aja Indonesia Jadi Yang Terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah dengan menggunakan microphone dan juga aplikasi seperti Skype, YM, dsb. Pernahkah pada suatu ketika anda mengalami microphone / headset yang tidak mengeluarkan suara meskipun kabel jack terhubung dengan baik? Atau mungkin microphone yang justrumengeluarkan suara ketika dihubungkan dengan komputer lain. Pada tulisan kali ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mendeteksi penyebabnya. Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan headset,atau microphone yang tidak mengeluarkan suara adalah memastikan bahwa perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Untuk memastikan, anda dapat mencobanya pada beberapa komputer yang berlainan. Bila headset dalam keadaan baik maka anda dapat beralih pada beberapa settingan di komputer anda agar memastikan bahwa ketiga poin dibawah ini ter-setting dalam keadaan benar: Port penghubung Microphone / HeadsetDriver & Settingan Mic…

Siswi SMP ciuman didepan Gurunya

. Dunia Pendidikan Lagi2 Tercoreng, Siswi SMP Ciuman depan Guru
Entah apa yang terjadi, jika semua dilakukan tanpa etika dan Norma, Apalagi jika dilakukan oleh anak – anak / mereka yang nota bene adalah pelajar. Jika yang terpelajar saja tak enggan melakukan hal – hal asusila didepan sang guru, lalu apa yang ada dibenak mereka tentang gurunya. masih berlakukah kalimat bijak “Guru Kencing berdiri, Murid Kencing Berlari” sungguh ironis dan sangat menyedihkan nasib negeri ini selanjutnya.

Mau diapakan pendidikan di negeri ini. seolah – olah tak perlu lagi adanya etika di era yang konon dianggap modern, hingga semuanya menjadi normal – normal saja. Tak ada lagi batasan – batasan yang mampu mencegah nurani untuk sekedar menghambat nafsu birahi. Mungkin hanya kesenangan belaka yang didapat, namun apa akibat yang di timbulkan.

Semuanya seolah tak peduli lagi dengan etika, hancurnya negeri bukanlah karena kemiskinan dan ketidak adilan belaka, namun lebih berdampak mengerikan jika kehancuran …

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.

Anda ingin membuat tulisan atau nama anda sendiri dibuat dalam berbagai bentuk.
Ketik beberapa kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan koma dan tekan tombol “Enter”. Anda dapat juga memilih satu s/d 3 kata atau merubahnya setiap warna pada kata tersebut. Menarik bukan?  Apabila anda ingin mencobanya silakan Klik Disini